LAPORAN PELAKSANAAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
( PRAKERIN )
SATUAN KERJA PENGEMBANGAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM PROVINSI KEPULAUAN RIAU
O
L
E
H
NAMA
|
:
|
DAVID MULYA
|
NIS
|
:
|
14378
|
BIDANG KEAHLIAN
|
:
|
BISNIS DAN MANAJMEN
|
PROGAM KEAHLIAN
|
:
|
ADMINISTRASI PERKANTORA
|
SMK NEGRI 1 TANJUNGPINANG
JL. PRAMUKA NO 6 TLP 0771-311367 FAX 0771-25695
PROVINSI KEPULAUAN RIAU
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH
Laporan Praktek Kerja Industri ini telah di periksa dan disetujui oleh
Ketua Kompetensi Keahlian, Pembimbing dan Ketua Prakerin
SMK Negeri 1 Tanjungpinang
Disahkan di SMK Negeri 1 Tanjungpinang
Pada Tanggal 14 Oktober 2017
Ketua Kompetensi Keahlian Pembimbing Prakerin
Hj. Jusmawati, S.Pd Lailatul Farehah
NIP.19730614 200502 2 003
Mengetahui
Ketua Prakerin
Dra. ARI SUSILASIH
NIP.19630205 1999403 2 005
HALAMAN PENGESAHAN INSTANSI/PERUSAHAAN
Laporan Praktek Kerja Industri ini telah di periksa dan di sejui oleh
Pembimbing Pada Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum
Provinsi Kepulauan Riau
Disahkan di Tanjungpinang
Pada Tanggal 14 Oktober 2017
Mengetahui:
| |
Kepala/Pimpinan
|
Kepala Satuan Kerja
Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum
Provinsi Kepulauan Riau.
|
Pembimbing Prakerin
|
Farid Dibyo Mayangkoro,ST
NIP. 198001092008011007
|
Lailatul Farehah
|
KATA PENGANTAR
Allhamdulillah penulis ucapkan atas Rahmat Allah Yang Maha Esa yang telah di berikan rahmat serta karunia-nya, sehingga penyusun Laporan Praktek Kerja Industri di KANTOR SATUAN KERJA PENGEMBANGAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM PROVINSI KEPULAUAN RIAU ini dapat terselesai dengan baik tanpa kendala.
| |
Maksud dan tujuan penyesuaian Laporan Praktek Kerja Industri ini adalah untuk melengkapi persyaratan mendapatkan nilai praktek dari sekolah.
| |
Adapun Penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri ini berdasarkan data-data yang telah di peroleh selama melakukan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), buku-buku pedoman, serta data-data dan keterangan dari pembimbing.
| |
Saya menyadari bahwa dalam bahwa dalam penyusuan Laporan Praktek Kerja Industri ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
|
1.
|
Bapak Fiswar Efendy selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tanjungpinang
| |
2.
|
Bapak Farid Dibyo Mayangkoro,ST selaku Kepala Satker PSPAM Provinsi Kepulauan Riau
| |
3.
|
Bapak Riawan Effendi,S.Kom selaku Pemimbing Pelaksanaan Kerja Industri (PRAKERIN)
| |
4.
|
Ibu Jusmawati selaku Ketua Jurusan SMK Negeri 1 Tanjung Pinang
| |
5.
|
Ibu Lailatul Fareha selaku guru Monotoring kami selama melaksanakan Praktek Kerja Indusri (PRAKERIN)
| |
6.
|
Orang Tua yang telah memberikan motivasi selama melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
| |
7.
|
Bapak/Ibu Staf dan Honorer di Kantor Satker PSPAM Provinsi Kepulauan Riau
| |
8.
|
Rekan-rekan Prakerin
| |
9.
|
Dan semua pihak yang telah membantu dan mendukung dalam penyusunan laporan ini.
|
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNG PINANG I
Saya Menyadari Sepenuhnya Bahwa Dalam Penyusunan Laporan Ini Masih Banyak Kekurangan, Karena Keterbatasan Pengetahuan Dan Kemampuan, Untuk Itu Kritik Dan Saran Yang Membangun Dari Pembaca Sangat Diharapkan Demi Kesempurnaan Laporan Praktek Kerja Industri Ini .
|
Kekurangan, Karena Keterbatasan Pengetahuan Dan Kemampuan, Untuk Itu Kritik Dan Saran Yang Membangun Dari Pembaca Sangat Diharapkan Demi Kesempurnaan Laporan Praktek Kerja Industri Ini .
|
Demikian Kata Pengantar Ini Dibuat Semoga Dapat Bermanfaat, Dan Mohon Maaf Atas Segala Kekurangan.
|
TERIMAKASIH.
Tanjungpinang, 14 Oktober 2017
| ||
Penulis
| ||
David Mulya
| ||
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNG PINANG II
KERANGKA RESUME
Halaman Judul
|
Hal.
| |||||||||||||
Halaman Pengesahan Sekolah
| ||||||||||||||
Halaman Pengesahan Instansi/Perusahaan
| ||||||||||||||
Kata Pengantar.........................................
|
…...
|
...
|
………………..
|
I
| ||||||||||
Daftar Isi ………………………………...
|
…...
|
...
|
………………..
|
III
| ||||||||||
Bab 1 Pendahuluan
| ||||||||||||||
1.1.
|
Latar Belakang Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
|
1
| ||||||||||||
1.2.
|
Tujuan Praktek Kerja Industri Prakerin
|
2
| ||||||||||||
1.2.1.
|
Tujuann Umum
|
2
| ||||||||||||
1.2.2.
|
Tujuan Khusus
|
2
| ||||||||||||
1.3.
|
Manfaat Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
|
2
| ||||||||||||
Bab II Tujuan Umum
| ||||||||||||||
2.1.
|
Sejarah Instansi
|
3
| ||||||||||||
2.2.
|
Struktur Organisasi Instansi/Perusahaan
|
7
| ||||||||||||
2.3.
|
Informasi Tentang Instansi/Perusahaan
|
18
| ||||||||||||
2.4.
|
Kegiatan Yang Dilakukan Selama Prakerin
|
19
| ||||||||||||
Bab III Pelaksanaan Praktek Kerja Industri
| ||||||||||||||
3.1.
|
Waktu Dan Tempat Prakerin
|
21
| ||||||||||||
3.2.
|
Analisa Permasalahan
|
22
| ||||||||||||
Bab IV Hasil Dan Pembahasan
| ||||||||||||||
4.1.
|
Materi Kegiatan Prakerin
|
23
| ||||||||||||
4.2.
|
Penyelesaian Permasalahan
|
24
| ||||||||||||
Bab V Penutup
| ||||||||||||||
5.1.
|
Kesimpulan
|
25
| ||||||||||||
5.2.
|
Saran
|
26
| ||||||||||||
Lampiran-Lampiran
| ||||||||||||||
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNG PINANG III
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR PRAKTEK KERJA INDUSTRI ( PRAKERIN)
Siswa/siswi yang sedang melakukan pendidikan di SMK Harus Melaksanakan Prakerin 3 bulan, untuk memenuhi salah satu syarat dalam mengikuti UAN dan UAS. Praktek kerja Industri berfungsi sebagai salah satu pelengkap kurikulum dimana para siswa/siswi diharapkan dapat mencapai beberapa kompetensi yang relavan sesuai dengan kurikulum sekolah.
Setelah siswa/siswi menyelesaikan kegiatan Prakerin di DU/DI, maka siswa/siswi tersebut membuat dokumentasi ke dalam bentuk resume sebagai bukti bahwa siswa/siswi telah menyelesaikan salah satu sub Kompetensi di Sekolah Menengah Kejuruan.
Kegiatan Prakerin ini juga berfungsi bagi pihak sekolah, yaitu sebagai tolak ukur mutu pendidikan yang telah di terapkan kepada siswa/siswi SMK. Disamping itu, kegiatan Prakerin ini merupakan bagian dari Pendidikan Sistem Ganda dalam rangka “Link and Match”, agar sekolah dapat meningkatkan kualitas (mutu) lulusan SMK, sebagai sumber daya manusia Indonesia yang handal dan professional dalam keahlian masing-masing.
LAPORAN PRAKRIN
SMK NEGERI 1 TANJUNG PINANG 1
1.2 TUJUAN PRAKTEK PRAKERIN
Tujuan Prakerin
Tujuan Praktik Kerja Industri (Prakerin) adalah untuk melatih Kemampuan- Kemampuan Siswa SMK Terutama Siswa SMK NEGERI 1 TANJUNGPINANG Sesuai dengan jurusan masing-masing, adapun tujauan Prakrin Adalah:
Tujuan Umum
1
|
.
|
Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian Professional dengan tingkat pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
|
2
|
.
|
Memperkokoh ”kesesuaian dan kesepadanan” antara sekolah dengan dunia kerja Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
|
3
|
.
|
Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas Professional.
|
4
|
.
|
Untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah Menangah Kejuruan SMK Negeri 1 Tanjung Pinang.
|
Tujuan Khusus
1
|
.
|
Membantu siswa memahami pengertian Prakerin, membantu siswa agar cepat beradaptasi di lokasi Prakerin, membantu siswa agar mampu berkompetisi dan bekerja secara maksimal, membantu siswa dalam hal etika, tata tertib di lokasi Prakerin, serta membantu siswa dalam mengenal variasi lokasi Prakerin
|
2
|
.
|
Memberikan latihan kepada siswa untuk sikap siap mental dalam menghadapi tantangan dunia nyata pada lingkuangan kerja.
|
3
|
.
|
Memberikan motivasi agar siswa serius dan bersemangat dalam mencapai
cita-cita
|
Manfaat Praktek Kerja Industri
Adanya Manfaat Prakterk Kerja Industri Antar Lain
|
:
| |||
1
|
.
|
Menambah wawasan pada siswa/siswi.
| ||
2
|
.
|
Membina hubungan kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan Perusahaan atau lembaga instansi lainnya.
| ||
3
|
.
|
Mendapatkan pengalaman untuk bekal pada saat bekerja nantinya.
| ||
4
|
.
|
Menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara pihak sekolah dengan pihak perusahaan.
| ||
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNG PINANG 2
BAB II
TUJUAN UMUM
SEJARAH SATUAN KERJA PENGEMBANGAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM
PROFILE Latar belakang Terbentuknya Direktorat Jenderal Cipta Karya diawali dengan adanya perubahan Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah menjadi Departemen Pekerjaan Umum dan Kementerian Negara Perumahan Rakyat , di mana kegiatan Direktorat Jenderal Cipta Karya merupakan gabungan kegiatan Direktorat Tata Perkotaan dan Tata Perdesaan dan sebagian kegiatan Direktorat Jenderal Permukiman, hal ini terjadi pada akhir TA 2004. Tugas dan tanggung jawab yang harus diemban oleh Sekretariat DJCK dipengaruhi oleh berbagai kondisi, baik dari lingkungan luar Direktorat Jenderal Cipta Karya (external), maupun kondisi internal Direktorat Jenderal Cipta Karya (internal) sendiri, antara lain :
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Pekerjaan Umum No.286/PRT/M/2005 Perubahan sistem penganggaran berdasarkan UU No.17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan UU No.1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara yang mulai diterapkan pada instansi Pusat mempengaruhi kinerja organisasi karena perlu dilakukan penyesuai di berbagai segi baik SDM, Ruang kerja juga terhadap aktifitas yang harus dilakukan.
Terbitnya Peraturan Pemerintah tentang ?Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum ( PP 16 tahun 2005) juga mewarnai kegiatan di Ditjen Cipta Karya di mana peraturan tersebut perlu dijabarkan lebih lanjut untuk pelaksanaannya.
Diperlukan adanya penjabaran tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) dari setiap satuan kerja untuk mengurangi perbedaan persepsi dari masing-masing unit kerja dan didukung dengan Standar Operasi Prosedur (SOP) yang sesuai.
Perubahan yang cukup mendasar dari Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah kepada Departemen Pekerjaan Umum dimana sebelumnya pendekatannya adalah wilayah kepada pendekatan yang sektoral memerlukan penataan kembali personal sesuai dengan kompetensinya agar dapat mendukung fungsi organisasi. Adanya re-alokasi ruang kerja juga turut mempengaruhi kinerja organisasi.
Persediaan dana yang terbatas belum dapat mencukupi kebutuhan yang diperlukan. Anggaran yang tersedia masih terbatas untuk memelihara perangkat yang ada, dan pengadaan perangkat yang diperlukan
Diperlukan adanya penjabaran tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) dari setiap satuan kerja untuk mengurangi perbedaan persepsi dari masing-masing unit kerja dan didukung dengan Standar Operasi Prosedur (SOP) yang sesuai.
Perubahan yang cukup mendasar dari Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah kepada Departemen Pekerjaan Umum dimana sebelumnya pendekatannya adalah wilayah kepada pendekatan yang sektoral memerlukan penataan kembali personal sesuai dengan kompetensinya agar dapat mendukung fungsi organisasi. Adanya re-alokasi ruang kerja juga turut mempengaruhi kinerja organisasi.
Persediaan dana yang terbatas belum dapat mencukupi kebutuhan yang diperlukan. Anggaran yang tersedia masih terbatas untuk memelihara perangkat yang ada, dan pengadaan perangkat yang diperlukan
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNG PINANG 3
Direktorat Jenderal Cipta Karya merupakan salah satu Unit Eselon II di lingkungan Ditjen Cipta Karya, yang memiliki fungsi staffing. Fungsi staffing, dilaksanakan oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Cipta Karya, yang mempunyai tugas pokok memberikan pelayanan teknis dan administrasi kepada semua unsur di lingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya. Berdasarkan tugas pokok tersebut, maka Sekretariat Direktorat Jenderal Cipta Karya mempunyai fungsi yaitu :
(a)
|
.
|
pembinaan kepegawaian serta organisasi dan tatalaksana
|
(b)
|
.
|
pengelolaan urusan keuangan
|
(c)
|
.
|
penyelenggaraan rumah tangga dan tata persuratan
|
(d)
|
.
|
pengelolaan aset dan perlengkapan kantor; dan
|
(e)
|
.
|
fasilitasi hukum dan peraturan perundang-undangan.
|
Dari fungsi tersebut di atas, terlihat bahwa Sekretariat Direktorat Jenderal Cipta Karya melaksanakan pengelolaan 4 unsur manajemen yaitu Sumber daya Manusia (man), Keuangan (money), Bahan dan Peralatan (material), serta Metode (methode), yang merupakan unsur utama organisasi. Oleh sebab itu pelayanan/penyediaan unsur-unsur tersebut secara handal/prima harus dilakukan agar organisasi dapat berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Semua fungsi di atas merupakan fungsi utama dari jabaran tugas pokok Sekretariat Direktorat Jenderal Cipta Karya, sementara di dalam perjalanannya Sekretariat Direktorat Jenderal Cipta Karya, yang untuk selanjutnya disebut Sekretariat DJCK, juga ditugasi untuk mengendalikan pelaksanaan kegiatan Penanggulangan bencana, melalui kegiatan penanggulangan darurat air minum dan penanggulangan darurat PLP yang merupakan program strategis yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Cipta Karya.
SEJARAH DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM (PU) DI INDONESIA
Departemen Pekerjaan Umum, biasa disebut Departemen PU, sempat bernama “Departemen Permukiman dan Pengembangan Wilayah” (1999-2000) dan “Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah” (2000-2004), adalah Departemen dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pekerjaan Umum. Departemen PU di pimpin oleh seorang Menteri Pekerjaan Umum sejak tanggal 21 Oktober 2004 dijabat oleh Ir. Djoko Kirmanto, Dipl. HE..
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNG PINANG 4
Sejarah
Era Hindia Belanda
Istilah “Pekerjaan Umum” adalah terjemahan dari istilah bahasa Belanda Openbare Werken yang pada zaman Hindia Belanda disebut Waterstaat swerken. Di lingkungan Pusat Pemerintah dibina oleh Dep. Van Verkeer dan Waterstaat (Dep.V&W), yang sebelumnya terdiri dari 2 Dept. Van Guovernements berdiri jven dan Dept. VanBurgewrlijke Openbare Werken. Dep. V dan W di kepalai oleh seorang Direktur, yang membawahi beberapa Afdelingen dan Diensten sesuai dengan tugas/wewenang Departemen ini.
Yang meliputi bidang PU (Openbare werken) termasuk afdeling Waterstaat dengan onder afdelingen : Lands gebouwen, wegen, Irrigatie Dan Assainering , Water Krcht, Constructie bureau (untuk jembatan). Di samping yang tersebut diatas, yang meliputi bidang PU (Openbare Werken) juga afd.Havenwezen (Kelistrikan) dan afd. Luchtvaat (Penerbangan Sipil)
Organisasi P.U di daerah-daerah adalah sebagai berikut
|
:
|
Diprpvinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur urusan Waterstaat/ Openbare werken diserahkan pada Pemerintah provinsi yang disebut rovinciale Waterstaatdienst” dan dikepalai oleh seorang Hoofd Provinsciale Waterstaatdients (H.P,W) di wilayah Gouv Yogyakarta dan Gouv Surakarta urusan-urusan Pekerjaan Umum/Waterstaat di jalankan oleh “Sultanas Werken” (yogya) “Rijkswerken” (Surakarta), Mangkunegaranwerken”. Disamping itu wilayah Vorstenlander terdapat 3 organisasi “Waterschap”, “s” Lands gebouwendients”, Regentschap Werken” dan “Gremeente werken”.
Unuk daerah luar Jawa Gouv.Sumatera, Borneo (Kalimantan) dan Grote Oost (Indonesia Timur) terdapat organisasi “Gewestelijke Inspectie v/d Waterstaat” dikepalai oleh seseorang Inspectur. Do wilayah residentie terdapat “Residentie Waterstaatienst” yang dahulu dikenal dengan nama “ Dienst der B.O.W”. dan kepala dinas ini biasa disebut “E.A.Q” (Eerst Aanwzend Waterstaatsambtenar).
Ketentuan yang dikeluarkan pada jaman Hindia Belanda untuk pedoman dalam pelaksanaan tugas dalam lingkungan Pekerjaan Umum dapat dibaca dalam “A.W.R”. 1936 B.W.R 1934 dan “ W.V.O/W.V.V”.
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNG PINANG 5
Era Jepang
Setelah Belanda menyerahkan dalam perang pasifik pada tahun 1942, kepada Jepang, maka daerah Indonesia ini dibagi oleh Jepang dalam 3 wilayah pemerintahan, yaitu Jawa/Madura, Sumatera dan Indonesia Timur dan tidak ada pusat Pemerintah tertinggi di Indonesia yang menguasai ke 3 wialayah pemerintahan tersebut.
Dibidang Pekerjaan Umum pada tiap-tiap wilayah organisasi Pemerintah Militer Jepang tersebut iatas, di perlukan organisasi zaman Hindia Belanda dan disesuaikan dengan ketentuan-ketentuan dari pihak Jepang, kantor pusat”V & W”. di Bandung dinamakan “Kotubu Bunsitsu” , sejak saat ituah istilah “Pekerjaan Oemoem” (P.O), Oeroesan Pekerjaan Oemoem (O.P.O), “Pekerjaan Umum” (PU), disamping “Dobuku” lazim dipergunakan.
Kotubu Bonsitu di Bandung hanya mempunyai hubungan dengan wilayah Pemerintahan di Jawa/Madura, hubungan dengan Jawa tidak ada. Organisasi Pekerjaan Umum di daerah-daerah, di Karesidenan pada umumnya berdiri sendiri-sendiri. Sistem pelaksanaan pekerjaan ada yang mempergunakan sistem dan nama jaman Ned. Indie, disamping menurut sistem Jepang
Indonesia
Setelah Indonesia memproklamirkan Kemerdekaan pada tanggal 17-8-1945, maka semenjak itu Pemuda-pemuda Indonesia berangsur-angsur merebut kekuasaan Pemerintahan dari tangan Jepang baik di pusat pemerintahan (Jakarta/Bandung) maupun Pemerintahan Daerah-daerah.
Sesudah Pemerintahan Indonesia membentuk Kabinet yang pertama, maka pada Menteri mulai menyusun organisasi serta sifatnya. Pekerjaan Umum pada waktu itu (1945) berpusat di Bandung, dengan mengambil tempat bekas gedung V.&W. (Dikenal dengan nama “Gedung Sate”)
Ketika Belanda ingin mengembalikan kekuasaan pemerintahan di Hindian Belanda sebelum perang, dating mengikuti Tentara Sekutu masuk ke Indonesia. Akibat dari keinginan Pemerintahan Belanda ini, terjadilah pertentangan tentang fisik dengan Pemuda Indonesia yang ingin mempertahankan tanah air berikut gedung-gedung yang telah didudukinya, antara lain “Gedung Sate” yang telah menjadi Gedung Departemen Pekerjaan Umum pada waktu itu ( Peristiwa itu dikenal dengan peristiwa “3 Desember 1945”)
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNG PINANG 6
POHON JABATAN SATUAN KERJA PENGEMBANGAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM PROVINSI KEPULAUAN RIAU TA. 2017
KEPALA SATUAN KERJA PENGEMBANGAN SPAM PROVINSI KEPULAUAN RIAU
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||
FARID DIBYO MAYANGKORO, ST
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Melakukan Pembinaan dan Pengawasan Pelaksanaan Pengembangan SPAM Provinsi Kepulauan Riau
|
4
|
Laporan
| |||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Menyelenggarakan Pembangunan SPAM Kawasan Perkotaan Terfasilitasi
|
5
|
Kawasan
| |||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Menyelenggarakan Pembangunan SPAM Kawasan Rawan Air Terfasilitasi
|
1
|
Kawasan
| |||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Menyelenggarakan Pembangunan SPAM Kawasan Perkotaan
|
5,10
|
L/d
| |||||||||||||||||||||||||||||||
5
|
Menyelenggarakan SPAM berbasis Masyarakat di Provinsi Kepulauan Riau
|
1
|
L/d
| |||||||||||||||||||||||||||||||
6
|
Melaksanakan Layanan Internal (Overhead)
|
1
|
Layanan
| |||||||||||||||||||||||||||||||
7
|
Melaksanakan Layanan Perkantoran
|
12
|
Bulan
| |||||||||||||||||||||||||||||||
PPK PEMBINAAN TEKNIS
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||
FARID DIBYO MAYANGKORO, ST
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Melaksanakan Emonitoring dan Evaluasi DAK/SPAM Provinsi Kepulauan Riau
|
1
|
Laporan
| |||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Melakukan Serah Terima Aset
|
1
|
Laporan
| |||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Menyampaikan Laporan SAIBA/BMN Tahun 2017
|
1
|
Laporan
| |||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Melaksanakan Perencanaan Teknis untuk mendukung kegiatan Kepentingan Strategis Nasional
|
1
|
Laporan
| |||||||||||||||||||||||||||||||
5
|
Melaksanakan Program Facilitator Administration Services (FAS-5)
|
1
|
L/Dtk
| |||||||||||||||||||||||||||||||
6
|
Melaksanakan Supervisi Pembangunan SPAM di 5 Kab/Kota Provinsi Kepulauan Riau (8 Paket)
|
8
|
Laporan
| |||||||||||||||||||||||||||||||
PENELAAH PENYEHATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN I
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||
DIAN NOVITA SITOMPUL, ST
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Menyiapkan bahan pembinaan kelembagaan dan peran serta masyarakat melalui sosialisasi dan diseminasi
| |||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Melakukan kajian pendampingan dan pelaksanan peningkatan kelembagaan pengelola SPAM
| |||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Penyelenggaraan sosialisasi dan penyebarluasan produk pengaturan di bidang penyehatan lingkungan permukiman
| |||||||||||||||||||||||||||||||||
PENELAAH PENYEHATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN II
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||
ELLYAN SHAH, S.Pd (Non PNS)
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Mengkoordinir penyusunan perencanaan teknis pengadaan Tim Fasilitator Masyarakat dan memastikan pembayaran (Honor dan BOP) secara tepat waktu pada Program Pamsimas III di Provinsi Kepulauan Riau.
| |||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Melaksanakan evaluasi dan pemantauan terhadap Kinerja Tim Regional Oversight Management Services (ROMS) Tingkat Provinsi dan Kabupaten serta Tim Fasilitator Masyarakat Program PAMSIMAS IIII di Provinsi Kepulauan Riau.
| |||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Merevisi perencanaan (invoice) bila ada yang kurang atau tidak sesuai dengan situasi lapangan dan mengusulkan ke Atasan untuk mendapatkan persetujuan pada Program Pamsimas III di Provinsi Kepulauan Riau.
| |||||||||||||||||||||||||||||||||
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNGPINANG 8
PPK PENGEMBANGAN SPAM
| ||||||||
ADI SUAIDI, ST, MT
| ||||||||
1
|
Menyusun Rencana Pelaksanaan Kegiatan dan Pencairan dana
|
1
|
Dokumen
| |||||
2
|
Melaksanakan Pembangunan Peningkatan Cakupan Pelayanan SPAM IKK Tambelan, IKK Toapaya, IKK Meral, IKK Selayar, IKK Singkep Pesisir.
|
5
|
Dokumen
| |||||
3
|
Melaksanakan Pembangunan SPAM IKK Galang (Pulau abang) Kap. 5 L/D dan Pemanfaatan Idle Kapasiti 1 l/dtk IKK Lingga Utara (Pancur)
|
2
|
Dokumen
| |||||
4
|
Melaksanakan Pembangunan Bantuan Program SPAM Kws Rawan Air (Mampok, Impol, Kuala Maras, dan Genting Pulur)
|
1
|
Dokumen
| |||||
PENELAAH PENYEHATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN I
| |
GUNAWAN SYAHPUTRA, ST (Non PNS)
| |
1
|
Mengkoordinir penyusunan perencanaan teknis detail terkait kegiatan Pembangunan SPAM TA. 2018
|
2
|
Mengkoordinir dalam penyiapan rencana kerja dan pelaksanaan untuk kegiatan TA. 2018 serta memonitoring dan mengevaluasi kegiatan paket pembangunan Peningkatan Cakupan Pelayanan SPAM IKK Meral Kabupaten Karimun dan SPAM IKK Galang (Pulau Abang) Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017.
|
3
|
Membuat laporan secara benar penjadwalan dan rencana kurva "S" untuk paket fisik pembangunan Peningkatan Cakupan Pelayanan SPAM IKK Meral Kabupaten Karimun dan SPAM IKK Galang (Pulau Abang) Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau dan Konsultan Supervisi Pekerjaan Peningkatan Cakupan Pelayanan SPAM IKK Selayar Kab. Lingga, IKK Lingga Utara (Pancur), IKK Singkep Pesisir Kab. Lingga Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017 .
|
4
|
Merevisi/melengkapi perencanaan bila ada yang kurang/tidak sesuai dengan situasi di lapangan untuk paket pekerjaan fisik dan supervisi Kabupaten Karimun dan Kota Batam TA. 2017 serta mengusulkan ke PPK Pengembangan SPAM untuk mendapatkan persetujuan
|
PENELAAH PENYEHATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN II
| |
YUNUS LOBO, ST (Non PNS)
| |
1
|
Mengkoordinir penyusunan perencanaan teknis detail terkait kegiatan pembangunan SPAM TA. 2018 Provinsi Kepulauan Riau.
|
2
|
Mengkoordinir dalam penyiapan rencana kerja dan pelaksanaan untuk kegiatan TA. 2018 serta memonitoring dan mengevaluasi kegiatan paket Bantuan Program SPAM Kws Rawan Air (Mampok, Impol, Kuala Maras, dan Genting Pulur) Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017.
|
3
|
Membuat laporan secara benar penjadwalan dan rencana kurva "S" untuk paket pekerjaan Bantuan Program SPAM Kws Rawan Air (Mampok, Impol, Kuala Maras, dan Genting Pulur) Kabupaten Kepulauan Anambas dan KonsultanSupervisi Pekerjaan Bantuan Program SPAM Kws Rawan Air (Mampok, Impol, Kuala Maras dan Genting Pulur) Kab. Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017.
|
4
|
Merevisi/melengkapi perencanaan bila ada yang kurang/tidak sesuai dengan situasi di lapangan untuk paket pekerjaan Bantuan Program SPAM Kws Rawan Air (Mampok, Impol, Kuala Maras, dan Genting Pulur) Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017 serta mengusulkan ke PPK Pengembangan SPAM untuk mendapatkan persetujuan
|
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNGPINANG 9
PENELAAH PENYEHATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN III
| ||
SUYADIBRATA S.P, ST (Non PNS)
| ||
1
|
Mengkoordinir penyusunan perencanaan teknis detail terkait kegiatan Pembangunan SPAM TA. 2018
| |
2
|
Mengkoordinir dalam penyiapan rencana kerja dan pelaksanaan untuk kegiatan TA. 2018 serta memonitoring dan mengevaluasi kegiatan paket pembangunan Peningkatan Cakupan Pelayanan SPAM IKK Toapaya dan SPAM IKK Tambelan Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017.
| |
3
|
Membuat laporan secara benar penjadwalan dan rencana kurva "S" untuk paket fisik pembangunan Peningkatan Cakupan Pelayanan SPAM IKK Toapaya dan SPAM IKK Tambelan Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017 Provinsi Kepulauan Riau dan Konsultan Supervisi Pekerjaan Peningkatan Cakupan PelayananSPAM IKK Toapaya dan SPAM IKK Tambelan Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017 .
| |
4
|
Merevisi/melengkapi perencanaan bila ada yang kurang/tidak sesuai dengan situasi di lapangan untuk paket pekerjaan fisik dan supervisi Kabupaten Bintan TA. 2017 serta mengusulkan ke PPK Pengembangan SPAM untuk mendapatkan persetujuan
| |
PENELAAH PENYEHATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN IV
| ||
ALVI SYAHRIN, A.Md (Non PNS)
| ||
1
|
Mengkoordinir penyusunan perencanaan teknis detail terkait kegiatan pembangunan SPAM TA. 2018 Provinsi Kepulauan Riau.
| |
2
|
Mengkoordinir dalam penyiapan rencana kerja dan pelaksanaan untuk kegiatan TA. 2018 serta memonitoring dan mengevaluasi kegiatan paket pembangunan Peningkatan Cakupan Pelayanan SPAM Lingga IKK Singkep Pesisir, IKK Lingga Utara (Pancur), dan IKK Selayar Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017.
| |
3
|
Membuat laporan secara benar penjadwalan dan rencana kurva "S" untuk paket fisik pembangunan Peningkatan Cakupan Pelayanan SPAM Lingga IKK Singkep Pesisir, IKK Lingga Utara (Pancur), dan IKK Selayar Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau dan Konsultan Supervisi Pekerjaan Peningkatan Cakupan Pelayanan SPAM IKK Selayar Kab. Lingga, IKK Lingga Utara (Pancur), IKK Singkep Pesisir Kab. Lingga Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017.
| |
4
|
Merevisi/melengkapi perencanaan bila ada yang kurang/tidak sesuai dengan situasi di lapangan untuk paket pekerjaan fisik dan supervisi Kabupaten Lingga TA. 2017 serta mengusulkan ke PPK Pengembangan SPAM untuk mendapatkan persetujuan
| |
PENELAAH PENYEHATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN III
| |||||||||||||||
MEGA KURNIAWATI, S.Pd (Non PNS)
| |||||||||||||||
1
|
Membantu menyiapkan data pendukung (Readiness Criteria dan Perencanaan teknis) untuk program kegiatan TA. 2018 Satker PSPAM Provinsi Kepulauan Riau dalam penyusunan RKAKL.
| ||||||||||||||
2
|
Membantu menyiapkan bahan untuk menyusun penjadwalan dan revisi DIPA, Lembar Kerja, RKAKL dan POK tahun 2017.
| ||||||||||||||
3
|
Membantu menyiapkan bahan untuk penyusunan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAKL) Satuan Kerja PSPAM Provinsi Kepulauan Riau untuk setiap Tahun Anggaran.
| ||||||||||||||
4
|
Membantu menyiapkan rencana kegiatan dan dokumen lelang untuk Pembangunan SPAM IKK Tambelan, IKK Toapaya, IKK Meral, IKK Selayar, IKK Singkep Pesisir, IKK Galang (Pulau abang), IKK Lingga Utara (Pancur) dan Bantuan Program SPAM Kws Rawan Air (Mampok, Impol, Kuala Maras, dan Genting Pulur) Provinsi Kepulauan Riau sampai terlaksananya kontrak/SPK.
| ||||||||||||||
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNGPINANG 10
PENELAAH PENYEHATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN
| |
RUBBY INDRA USMANTO, ST
| |
1
|
Melaksanakan koordinasi kegiatan bidang Perencanaan Teknik dan penyusunan program kegiatan Pembangunan SPAM IKK Tambelan, IKK Toapaya, IKK Meral, IKK Selayar, IKK Singkep Pesisir, IKK Galang (Pulau abang), IKK Lingga Utara (Pancur), Banpro SPAM Kws Rawan Air (Mampok, Impol, Kuala Maras, dan Genting Pulur), 8 paket konsultan supervisi dan 1 paket konsultan DED Provinsi Kepulauan Riau.
|
2
|
Menyiapkan data pendukung (Readiness Criteria dan Perencanaan teknis) untuk program kegiatan TA. 2018 Satker PSPAM Provinsi Kepulauan Riau dalam penyusunan RKAKL.
|
3
|
Menelaah dokumen perubahan (CCO) merevisi/melengkapi perencanaan kegiatan Pembangunan SPAM IKK Tambelan, IKK Toapaya, IKK Meral, IKK Selayar, IKK Singkep Pesisir, IKK Galang (Pulau abang), IKK Lingga Utara (Pancur) dan Bantuan Program SPAM Kws Rawan Air (Mampok, Impol, Kuala Maras, dan Genting Pulur) Provinsi Kepulauan Riau yang tidak sesuai dengan situasi lapangan dan mengusulkan ke Pejabat/Atasan.
|
4
|
Mengkoordinir penyusunan perencanaan teknis detail kegiatan Pembangunan SPAM IKK Tambelan, IKK Toapaya, IKK Meral, IKK Selayar, IKK Singkep Pesisir, IKK Galang (Pulau abang), IKK Lingga Utara (Pancur) dan Bantuan Program SPAM Kws Rawan Air (Mampok, Impol, Kuala Maras, dan Genting Pulur) dan kegiatan konsultan supervisi serta program kegiatan SPAM Berbasis Masyarakat Provinsi Kepulauan Riau.
|
5
|
Mengkoordinir dan menyiapkan bahan untuk menyusun penjadwalan dan revisi DIPA, Lembar Kerja, RKAKL dan POK tahun 2017.
|
6
|
Menyusun Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAKL) Satuan Kerja PSPAM Provinsi Kepulauan Riau untuk setiap Tahun Anggaran.
|
7
|
Menyiapkan rencana kegiatan dan dokumen lelang untuk Pembangunan SPAM IKK Tambelan, IKK Toapaya, IKK Meral, IKK Selayar, IKK Singkep Pesisir, IKK Galang (Pulau abang), IKK Lingga Utara (Pancur) dan Bantuan Program SPAM Kws Rawan Air (Mampok, Impol, Kuala Maras, dan Genting Pulur) Provinsi Kepulauan Riau sampai terlaksananya kontrak/SPK.
|
PENYUSUN MONEV DAN PELAPORAN I
| |||||||||||||||
RACHMAT SALEH HARAHAP, ST (Non PNS)
| |||||||||||||||
1
|
Menyusun dan menyampaikan Laporan Progres Fisik dan Keuangan Laporan 2 Mingguan untuk e-Monitoring Reguler.
| ||||||||||||||
2
|
Menyusun dan menyampaikan Laporan Progres Fisik dan Keuangan Laporan Triwulan untuk e-Monitoring DAK.
| ||||||||||||||
3
|
Menyusun dan menyampaikan Laporan Progres Fisik dan Keuangan Laporan Akhir untuk e-Monitoring Reguler dan DAK.
| ||||||||||||||
4
|
Menyusun Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP).
| ||||||||||||||
5
|
Mengelola dan Menginformasikan Pelaksanaan Kegiatan DAK bidang air minum kepada Kab/Kota apabila ada perubahan.
| ||||||||||||||
PENYUSUN MONEV DAN PELAPORAN II
| |||||||||||||||
EKA PRIBADI, ST (Non PNS)
| |||||||||||||||
1
|
Mengidentifikasi dan melaporkan permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan kegiatan Pembangunan SPAM Kawasan Perkotaan Terfasilitasi (5 Kawasan), SPAM Kawasan Rawan Air Terfasilitasi (1 Kawasan) dan SPAM Kawasan Perkotaan (5,10 L/Dtk).
| ||||||||||||||
2
|
Melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan dan penyerapan anggaran untuk Pembangunan SPAM Kawasan Perkotaan Terfasilitasi (5 Kawasan), SPAM Kawasan Rawan Air Terfasilitasi (1 Kawasan) dan SPAM Kawasan Perkotaan (5,10 L/Dtk).
| ||||||||||||||
3
|
Membantu melakukan evaluasi, analisis dan mengembangkan rencana program pembangunan fisik dan supervisi pada Satker PSPAM Provinsi Kepulauan Riau.
| ||||||||||||||
PENYUSUN MONEV DAN PELAPORAN III
| |||||||||||||||
HAIJAN (Non PNS)
| |||||||||||||||
1
|
Merestore Data Backup awal e-Monitoring Reguler Tahun 2017 kedalam aplikasi e-Monitoring off-line
| ||||||||||||||
2
|
Mengumpulkan informasi pelaksanaan kegiatan yang meliputi Rekaman DIPA dan POK, Rencana Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa dan data pelaksanaan kegiatan (progres fisik dan keuangan) serta data rencana dan realisasi penyerapan tenaga kerja.
| ||||||||||||||
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNGPINANG 11
PENGOLAH KEGIATAN DAN RENCANA ANGGARAN I
| ||||||||||||||||
SYAARI, ST (Non PNS)
| ||||||||||||||||
1
|
Mengumpulkan dan menyiapkan bahan penyusunan kegiatan Pembinaan dan Pengawasan Pelaksanaan Pengembangan SPAM Provinsi Kepulauan Riau, Pembangunan SPAM Kawasan Perkotaan Terfasilitasi, SPAM Kawasan Rawan Air Terfasilitasi SPAM Kawasan Perkotaan, Layanan Internal (Overhead) dan Layanan Perkantoran.
| |||||||||||||||
2
|
Menyiapkan data pendukung (Readiness Criteria) untuk masing-masing program dalam penyusunan RKAKL dan Mengimput data RKAKL ke dalam aplikasi yang telah disiapkan oleh Kementerian Keuangan
| |||||||||||||||
3
|
Menyiapkan bahan pelaksanaan Konreg PUPR dilingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya.
| |||||||||||||||
4
|
Mengumpul, menyiapkan bahan dan menyusun Rencana Kerja Anggaran Kementerian/lembaga (RKAKL) Satuan Kerja PSPAM Kepulauan Riau untuk setiap Tahun Anggaran Berikutnya.
| |||||||||||||||
PENGOLAH KEGIATAN DAN RENCANA ANGGARAN II
| ||||||||||||||||
HAFIZ, ST (Non PNS)
| ||||||||||||||||
1
|
Menyusun rencana pengadaan kebutuhan-kebutuhan kegiatan, peralatan dan perlengkapan serta bahan-bahan lainnya pada Satuan Kerja PSPAM Prov. Kepri
| |||||||||||||||
2
|
Menyusun Kerangka Acuan Kerja (KAK) Satuan Kerja PSPAM Prov. Kepri dengan berkoordinasi dengan PPK
| |||||||||||||||
3
|
Menyusun addendum pelaksanaan kegiatan kontraktual di lingkup Satker PSPAM Prov. Kepri
| |||||||||||||||
4
|
Mengkoordinir pra pelaksanaan kegiatan swakelola pada Satker PSPAM Prov. Kepri
| |||||||||||||||
PENATA KEUANGAN I
| ||||||||||||||||
YULIYANTO
| ||||||||||||||||
1
|
Menyelenggarakan tata laksana keuangan Satuan Kerja PSPAM Kepulauan Riau TA 2017
| |||||||||||||||
2
|
Membantu mengolah Data dan mengelola dokumen DIPA.
| |||||||||||||||
3
|
Membangun penyusunan Laporan Anggaran Pembiayaan Semester Satuan Kerja PSPAM Kepulauan Riau TA. 2017
| |||||||||||||||
4
|
Berkoordinasi dengan Penelaah BMN dalam menyusun SAI.
| |||||||||||||||
5
|
Meneliti SP2D yang sudah terbit.
| |||||||||||||||
6
|
Melakukan koreksi atas kesalahan perekaman data.
| |||||||||||||||
PENATA KEUANGAN II
| ||||||||||||||||
REZARIO FEBRIANTAN CHANDRA, SE (Non PNS)
| ||||||||||||||||
1
|
Membuat laporan keuangan PPK dan membantu administrasi keuangan secara umum
| |||||||||||||||
2
|
Membantu mengimput SPM dan SP2D dalam aplikasi SAKPA (termasuk SSBP dan SSPB)
| |||||||||||||||
3
|
Membantu melakukan rekonsiliasi dengan KPPN via email untuk memperoleh BAR
| |||||||||||||||
4
|
Mencocokan Laporan Neraca dengan LPJ Bendahara
| |||||||||||||||
5
|
Menyerahkan laporan keuangan lingkup PPK sebagai rekonsiliasi fisik dengan KPPN
| |||||||||||||||
PENATA KEUANGAN III
| ||||||||||||||||
TURMI RAHAYU, SE (Non PNS)
| ||||||||||||||||
1
|
Memeriksa dokumen administrasi keuangan pada kegiatan SPAM Kawasan Rawan Air Terfasilitasi Perkotaan
| |||||||||||||||
2
|
Memeriksa dokumen administrasi keuangan pada kegiatan SPAM Kawasan Perkotaan
| |||||||||||||||
3
|
Memeriksa dokumen administrasi keuangan pada kegiatan SPAM Berbasis Masyarakat
| |||||||||||||||
4
|
Membantu membuat laporan semester UAPPA-W dan UAPPB-W untuk Satker PSPAM Prov. Kepri
| |||||||||||||||
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNGPINANG 12
PENATA KEUANGAN IV
| |||||||||||||||||||||||||||||
AMELIA, SE (Non PNS)
| |||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Memeriksa dokumen administrasi keuangan pada kegiatan pembinaan dan pengawasan Pengembangan SPAM Prov. Kepri
| ||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Memeriksa dokumen administrasi keuangan pada kegiatan SPAM Kawasan Perkotaan Terfasilitasi
| ||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Mengarsipkan SPM/SPP/SP2D yang telah terbit pada kegiatan pembinaan dan pengawasan PSPAM Prov. Kepri
| ||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Mengarsipkan SPM/SPP/SP2D yang telah terbit pada kegiatan SPAM Kawasan Perkotaan Terfasilitasi
| ||||||||||||||||||||||||||||
PENGADMINISTRASI UMUM I
| |||||||||||||||||||||||||||||
RIAWAN EFFENDI, S.Kom
| |||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Melaksanakan Administrasi Umum
| ||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Melaksanakan tugas-tugas kerumahtanggaan, kesekretariatan, kesekretarisan, kesejahteraan, dan keselamatan kerja
| ||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Menyusun rencana pengadaan kebutuhan-kebutuhan kegiatan, peralatan dan perlengkapan serta bahan-bahan lainnya
| ||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Melaksanakan pengadaan dan penatausahaan barang-barang kebutuhan kantor
| ||||||||||||||||||||||||||||
PENGADMINISTRASI UMUM II
| |||||||||||||||||||||||||||||
LUDIA LEME', SE (Non PNS)
| |||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Melaksanakan administrasi umum (pembuatan SK dan SPK)
| ||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Mengecek e-Mail masuk
| ||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Menyimpan Data Kepegawaian PNS
| ||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Melakukan scanan untuk semua surat masuk dan surat keluar
| ||||||||||||||||||||||||||||
PENGADMINISTRASI UMUM III
| |||||||||||||||||||||||||||||
DEWI UTAMI PERTIWI, S.Sos (Non PNS)
| |||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Melaksanakan administrasi umum untuk surat-menyurat Kabupaten Lingga
| ||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Membantu mengumpulkan dan menyiapkan data penerapan sistem manajemen mutu Satuan Kerja PSPAM Kepulauan Riau
| ||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Mengarsipkan file tanda terima sebagai bukti tersampainya surat kepada yang bersangkutan Kabupaten Lingga
| ||||||||||||||||||||||||||||
PENGADMINISTRASI UMUM V
| |||||||||||||||||||||||||||||
ZUBAIDAH (Non PNS)
| |||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Membantu memeriksa dan memberi penomoran surat keluar yang akan dikirim sesuai ketentuan tata naskah dinas
| ||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Menerima, memilah dan mengarsipkan surat masuk dan surat keluar (hardcopy dan softcopy) ke dalam gobi dan Hardisk Eksternal
| ||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Mengonsep surat dan mengetik konsep surat atau dokumen kedinasan sesuai ketentuan tata naskah dinas
| ||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Mengumpulkan dan menyimpan Data Kepegawaian PNS dan Non PNS
| ||||||||||||||||||||||||||||
PENGADMINISTRASI UMUM IV
| |||||||||||||||||||||||||||||
HEPRIANI, AMKL (Non PNS)
| |||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Melaksanakan administrasi surat-menyurat bidang teknis terkait paket pekerjaan TA. 2017
| ||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Membantu mengumpulkan dan menyiapkan data penerapan sistem manajemen mutu Satuan Kerja PSPAM Kepulauan Riau
| ||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Mengarsipkan dokumen yang berkaitan dengan bidang teknis
| ||||||||||||||||||||||||||||
PENGADMINISTRASI UMUM VI
| |||||||||||||||||||||||||||||
TRIE SHELA (Non PNS)
| |||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Mencatat surat dan dokumen ke dalam buku agenda surat masuk dan surat keluar
| ||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Memberi disposisi untuk surat masuk sebelum disampaikan kepada Kasatker PSPAM Kepulauan Riau
| ||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Menggandakan/mengcopy surat masuk dan diteruskan kepada yang bersangkutan sesuai disposisi/arahan dari Kasatker PSPAM Prov. Kepri
| ||||||||||||||||||||||||||||
Menggandakan/mengcopy surat masuk dan diteruskan kepada yang bersangkutan sesuai
| |||||||||||||||||||||||||||||
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNGPINANG 13
| |||||||||||||||||||||||||||||
PENGADMINISTRASI UMUM VII
| |||||||||||||||||||||||||||||
HARYONO (Non PNS)
| |||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Melakukan penyimpanan arsip Satuan Kerja PSPAM Provinsi Kepulauan Riau
| ||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Melaksanakan tata laksana kearsipan, melakukan pengolahan arsip dan melakukan publikasi kearsipan Satuan Kerja PSPAM Prov. Kepri
| ||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Melakukan layanan kearsipan Satuan Kerja PSPAM Prov. Kepri
| ||||||||||||||||||||||||||||
PENGADMINISTRASI UMUM VIII
| |||||||||||||||||||||||||||||
ERLAN SURYADI (Non PNS)
| |||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Membantu memeriksa dan memberi penomoran surat keluar yang akan dikirim sesuai ketentuan tata naskah dinas
| ||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Menerima, memilah dan mengarsipkan surat masuk dan surat keluar (hardcopy dan softcopy) ke dalam gobi dan Hardisk Eksternal
| ||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Mengonsep surat dan mengetik konsep surat atau dokumen kedinasan sesuai ketentuan tata naskah dinas
| ||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Mengumpulkan dan menyimpan Data Kepegawaian PNS dan Non PNS
| ||||||||||||||||||||||||||||
PENELAAH PENYEHATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN I
| |
GUNAWAN SYAHPUTRA, ST (Non PNS)
| |
1
|
Mengkoordinir penyusunan perencanaan teknis detail terkait kegiatan Pembangunan SPAM TA. 2018
|
2
|
Mengkoordinir dalam penyiapan rencana kerja dan pelaksanaan untuk kegiatan TA. 2018 serta memonitoring dan mengevaluasi kegiatan paket pembangunan Peningkatan Cakupan Pelayanan SPAM IKK Meral Kabupaten Karimun dan SPAM IKK Galang (Pulau Abang) Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017.
|
3
|
Membuat laporan secara benar penjadwalan dan rencana kurva "S" untuk paket fisik pembangunan Peningkatan Cakupan Pelayanan SPAM IKK Meral Kabupaten Karimun dan SPAM IKK Galang (Pulau Abang) Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau dan Konsultan Supervisi Pekerjaan Peningkatan Cakupan Pelayanan SPAM IKK Selayar Kab. Lingga, IKK Lingga Utara (Pancur), IKK Singkep Pesisir Kab. Lingga Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017 .
|
4
|
Merevisi/melengkapi perencanaan bila ada yang kurang/tidak sesuai dengan situasi di lapangan untuk paket pekerjaan fisik dan supervisi Kabupaten Karimun dan Kota Batam TA. 2017 serta mengusulkan ke PPK Pengembangan SPAM untuk mendapatkan persetujuan
|
PENELAAH PENYEHATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN II
| |
YUNUS LOBO, ST (Non PNS)
| |
1
|
Mengkoordinir dalam penyiapan rencana kerja dan pelaksanaan untuk kegiatan TA. 2018 serta memonitoring dan mengevaluasi kegiatan paket Bantuan Program SPAM Kws Rawan Air (Mampok, Impol, Kuala Maras, dan Genting Pulur) Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017.
|
2
|
Membuat laporan secara benar penjadwalan dan rencana kurva "S" untuk paket pekerjaan Bantuan Program SPAM Kws Rawan Air (Mampok, Impol, Kuala Maras, dan Genting Pulur) Kabupaten Kepulauan Anambas dan KonsultanSupervisi Pekerjaan Bantuan Program SPAM Kws Rawan Air (Mampok, Impol, Kuala Maras dan Genting Pulur) Kab. Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017.
|
3
|
Merevisi/melengkapi perencanaan bila ada yang kurang/tidak sesuai dengan situasi di lapangan untuk paket pekerjaan Bantuan Program SPAM Kws Rawan Air (Mampok, Impol, Kuala Maras, dan Genting Pulur) Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017 serta mengusulkan ke PPK Pengembangan SPAM untuk mendapatkan persetujuan
|
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNGPINANG 14
PENELAAH BMN I
| |||||||||||||||
HIMELDA YUDA, SE (Non PNS)
| |||||||||||||||
1
|
Mengumpulkan data-data terkait dengan inventarisasi barang milik negara wilayah kota tanjungpinang
| ||||||||||||||
2
|
Menyusun dan menyampaikan Laporan BMN Semester I dan II ke Kepala Satuan Kerja
| ||||||||||||||
3
|
Mengumpulkan dan menelaah laporan aplikasi SIMAK BMN dan laporan aplikasi Persediaan
| ||||||||||||||
4
|
Menyusun dan menyampaikan Neraca BMN dan Laporan Persediaan Barang ke Kepala Satuan Kerja
| ||||||||||||||
5
|
Melakukan pemeriksaan terhadap kondisi barang milik negara dan menyiapkan bahan administrasi serah terima aset BMN wilayah Kota Tanjungpinang
| ||||||||||||||
6
|
Secara berkala melaksanakan koordinasi dengan Penelaah Keuangan dalam penyusunan SAI
| ||||||||||||||
7
|
Menyusun Rekomendasi usulan penetapan penghapusan BMN, SK tim pelaksana penghapusan BMN, SK penetapan penghapusan BMN, BA penelitian dan penilaian penghapusan BMN, Permohonan ijin prinsip penghapusan BMN untuk wilayah Kota Tanjungpinang
| ||||||||||||||
8
|
Melakukan verifikasi ADK dan melakukan kompilasi ADK ke dalam SIMAK BMN
| ||||||||||||||
PENELAAH BMN II
| |||||||||||||||
DWI PUTRI WULAN SARI, A.Md (Non PNS)
| |||||||||||||||
1
|
Mengumpulkan dan menyusun data terkait dengan Inventarisasi BMN (Cek Fisik) Kabupaten Bintan dan Kota Batam
| ||||||||||||||
2
|
Koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan dan Kota Batam
| ||||||||||||||
3
|
Menyusun Usulan Penetapan Status Pengguna (PSP) ke KPKNL dan KANWIL
| ||||||||||||||
4
|
Menyiapkan Bahan Administrasi Serah Terima BMN Kabupaten Bintan dan Kota Batam
| ||||||||||||||
PENELAAH BMN III
| |||||||||||||||
RUDI HARTONO (Non PNS)
| |||||||||||||||
1
|
Membuat Berita Acara Usulan Pinjam Pakai Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas
| ||||||||||||||
2
|
Membuat Berita Acara Cek Fisik kegiatan di Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas
| ||||||||||||||
3
|
Membuat PSP ke KPKNL untuk kKabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas
| ||||||||||||||
4
|
Membuat dan menyiapkan dokumen untuk verifikasi aset Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas
| ||||||||||||||
PENELAAH BMN IV
| |||||||||||||||
REZA APRANO, A.Md (Non PNS)
| |||||||||||||||
1
|
Membuat Berita Acara Usulan Pinjam Pakai Kabupaten Karimun
| ||||||||||||||
2
|
Membuat Berita Acara Cek Fisik kegiatan Kabupaten Karimun
| ||||||||||||||
3
|
Membuat PSP ke KPKNL untuk Kabupaten Karimun
| ||||||||||||||
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNGPINANG 15
PENELAAH PENYEHATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN III
| ||||||||||||||||||||||||||||||
SUYADIBRATA S.P, ST (Non PNS)
| ||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Mengkoordinir penyusunan perencanaan teknis detail terkait kegiatan Pembangunan SPAM TA. 2018
| |||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Mengkoordinir dalam penyiapan rencana kerja dan pelaksanaan untuk kegiatan TA. 2018 serta memonitoring dan mengevaluasi kegiatan paket pembangunan Peningkatan Cakupan Pelayanan SPAM IKK Toapaya dan SPAM IKK Tambelan Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017.
| |||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Membuat laporan secara benar penjadwalan dan rencana kurva "S" untuk paket fisik pembangunan Peningkatan Cakupan Pelayanan SPAM IKK Toapaya dan SPAM IKK Tambelan Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017 Provinsi Kepulauan Riau dan Konsultan Supervisi Pekerjaan Peningkatan Cakupan PelayananSPAM IKK Toapaya dan SPAM IKK Tambelan Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017 .
| |||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Merevisi/melengkapi perencanaan bila ada yang kurang/tidak sesuai dengan situasi di lapangan untuk paket pekerjaan fisik dan supervisi Kabupaten Bintan TA. 2017 serta mengusulkan ke PPK Pengembangan SPAM untuk mendapatkan persetujuan
| |||||||||||||||||||||||||||||
PENELAAH PENYEHATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN IV
| ||||||||||||||||||||||||||||||
ALVI SYAHRIN, A.Md (Non PNS)
| ||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Mengkoordinir penyusunan perencanaan teknis detail terkait kegiatan pembangunan SPAM TA. 2018 Provinsi Kepulauan Riau.
| |||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Mengkoordinir dalam penyiapan rencana kerja dan pelaksanaan untuk kegiatan TA. 2018 serta memonitoring dan mengevaluasi kegiatan paket pembangunan Peningkatan Cakupan Pelayanan SPAM Lingga IKK Singkep Pesisir, IKK Lingga Utara (Pancur), dan IKK Selayar Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017.
| |||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Membuat laporan secara benar penjadwalan dan rencana kurva "S" untuk paket fisik pembangunan Peningkatan Cakupan Pelayanan SPAM Lingga IKK Singkep Pesisir, IKK Lingga Utara (Pancur), dan IKK Selayar Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau dan Konsultan Supervisi Pekerjaan Peningkatan Cakupan Pelayanan SPAM IKK Selayar Kab. Lingga, IKK Lingga Utara (Pancur), IKK Singkep Pesisir Kab. Lingga Provinsi Kepulauan Riau TA. 2017.
| |||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Merevisi/melengkapi perencanaan bila ada yang kurang/tidak sesuai dengan situasi di lapangan untuk paket pekerjaan fisik dan supervisi Kabupaten Lingga TA. 2017 serta mengusulkan ke PPK Pengembangan SPAM untuk mendapatkan persetujuan
| |||||||||||||||||||||||||||||
PENELAAH PENYEHATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN III
| ||||||||||||||||||||||||||||||
MEGA KURNIAWATI, S.Pd (Non PNS)
| ||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Membantu menyiapkan data pendukung (Readiness Criteria dan Perencanaan teknis) untuk program kegiatan TA. 2018 Satker PSPAM Provinsi Kepulauan Riau dalam penyusunan RKAKL.
| |||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Membantu menyiapkan bahan untuk menyusun penjadwalan dan revisi DIPA, Lembar Kerja, RKAKL dan POK tahun 2017.
| |||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Membantu menyiapkan bahan untuk penyusunan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAKL) Satuan Kerja PSPAM Provinsi Kepulauan Riau untuk setiap Tahun Anggaran.
| |||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Membantu menyiapkan rencana kegiatan dan dokumen lelang untuk Pembangunan SPAM IKK Tambelan, IKK Toapaya, IKK Meral, IKK Selayar, IKK Singkep Pesisir, IKK Galang (Pulau abang), IKK Lingga Utara (Pancur) dan Bantuan Program SPAM Kws Rawan Air (Mampok, Impol, Kuala Maras, dan Genting Pulur) Provinsi Kepulauan Riau sampai terlaksananya kontrak/SPK.
| |||||||||||||||||||||||||||||
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNGPINANG 16
PEJABAT PENANDATANGAN SURAT PERINTAH MEMBAYAR
| |||||||||||||||
SULAIMAN S.Pi (PNSD)
| |||||||||||||||
1
|
Menyelenggarakan tata laksana dan administrasi keuangan Satuan Kerja (pengolahan dokumen RKA-KL, DIPA, konsep revisi DIPA/POK, laporan pembiayaan semesteran, laporan neraca, CALK semesteran, dan membuat memo penyesuaian (MP) yang diperlukan.
| ||||||||||||||
2
|
Melakukan penelitian terhadap kegiatan tata laksana keuangan satuan kerja yang meliputi SP2D dan validitas aplikasi SAKPA.
| ||||||||||||||
3
|
Melakukan rekonsiliasi dengan KPPN dan UAPPA-EI sesuai jadwal.
| ||||||||||||||
4
|
Melakukan verifikasi laporan keuangan UAPP-AW dan UAPPA-EI, verifikasi CALK dan mengirimkannya ke UAPPA-EI persemester, melakukan koreksi perekaman data dan melakukan posting ke buku besar.
| ||||||||||||||
5
|
Melakukan koordinasi dengan penelaah BMN dalam penyusunan SAI serta mencocokan neraca dengan LPJ bendahara.
| ||||||||||||||
BENDAHARA
| ||||||||
SAFRIADI, S.Sos (PNSD)
| ||||||||
1
|
Melaksanakan tugas kebendaharaan penatausahaan atas uang persediaan.
| |||||||
2
|
Menyelenggarakan pembukuan seluruh transaksi keuangan yang dilaksanakan Satuan Kerja PSPAM Prov. Kepri pada Buku Kas Umum (BKU), Buku Pembantu, BukuPengawasan Anggaran.
| |||||||
3
|
Menyiapkan rincian jumlah Pengajuan SPP-UP, SPP-TUP, SPP-GUP serta dokumen-dokumen pendukung lainnya.
| |||||||
4
|
Menandatangani Surat Permintaan Pembayaran Uang Persediaan (SPP-UP)yang diajukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen
| |||||||
5
|
Melakukan pengamanan Kas dan surat berharga dalam (Brankas) untuk menghindari terjadinya kerugian negara.
| |||||||
6
|
Menguji kebenaran tagihan dan melakuan pembayaran melalui Uang Persediaan atas persetujuan Pejabat Yang Melakukan Tindakan Yang Mengakibatkan Pengeluaran
| |||||||
7
|
Menerima dan menyetor ke Rekening Kas Negara atas pajak dan penerimaan lainnya yang dipungut serta melaporkannya menurut bentuk dan cara yang telah ditetapkan, tepat pada waktunya kepada masing-masing Instansi yang terkait.
| |||||||
8
|
Menyelenggarakan tata kearsipan laporan pertanggungjawaban bendahara untuk disampaikan kepada KPPN setempat, BPK RI, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
| |||||||
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNGPINANG 17
2.3. INFORMASI TENTANG INSTANSI/PERUSAHAAN
“Air minum merupakan kebutuhan pokok manusia. Karena itu, pemangku kepentingan harus peka terhadap perubahan yang terjadi pada kualitas pelayanan air minum dari waktu ke waktu,” kata Ketua LSM Air, Lingkungan dan Manusia (ALIM) Kherjuli, kepada Tanjungpinang Pos kemarin.
Kata Kherjuli, momen akhir tahun seharusnya dijadikan pemerintah sebagai waktu yang tepat untuk melakukan pemantauan dan evaluasi. Dan sudah jelas, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 2005 tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), pemerintah atau pemerintah daerah diminta melakukan pemantauan.
Dan, evaluasi SPAM dan menyampaikan hasil laporannya kepada masyarakat.Kherjuli menambahkan, pelayanan dan kualitas air yang didapatkan seharusnya lebih baik dan lebih baik lagi. Apalagi, air minum merupakan bagian dari hak asasi manusia yang wajib dipenuhi negara.
Ditambahkan Kherjuli, kenyataannya, laporan hasil pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan SPAM sering kali tidak disampaikan kepada pihak- pihak yang berkompeten untuk menindaklanjutinya. Akibatnya, kualitas SPAM semakin menurun dan tidak dapat lagi beroperasi sesuai standar yang berlaku. Akhirnya masyarakat yang akan dirugikan.
Di Provinsi Kepri, ada 6 penyelenggara SPAM, yaitu PT ATB di Batam, PDAM Tirta Nusa di Kabupaten Natuna, PDAM Tarempa di Kabupaten Anambas, PDAM Tirta Kepri (Tanjungpinang dan Bintan), Perusda Karimun, dan PDAM Kabupaten Lingga. Belum termasuk SPAM IKK yang berada di Kecamatan dan diluar jangkauan PDAM yang hampir puluhan.
“Kita lihat, di media massa, carut marut pelayanan SPAM masih saja terjadi. Mulai dari masalah yang terkait dengan unit air baku, unit produksi, unit distribusi hingga pelayanan. Belum lagi masalah harga air dan kelembagaan SPAM,” tambah Kherjuli.
Kherjuli mencontohkan, di Karimun hingga saat ini, penyelenggara SPAM masih di bawah Perusda, yaitu berupa unit air bersih. Padahal seharusnya, penyelenggara SPAM sudah harus berdiri sendiri. Untuk itu, Pemkab Karimun perlu membentuk PDAM sendiri.
Di sisi lain, sejumlah rencana SPAM yang molor dari rencana semula. Seperti proyek penyulingan air tawar (RO) di Tanjungpinang, proyek waduk Sei Gesek dan pemasangan jaringan pipa distribusi tahap dua di Sei Gesek Kabupaten Bintan.
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNG PINANG 18
2.4. KEGIATAN YANG DILAKUKAN SELAMA PRAKERIN.
1
|
.
|
Mengarsipkan SPK ( Surat Perintah Kerja )
|
2
|
.
|
Merekap Data E-Monitoring DAK (Dana Alukasi Khusus) Tahun 2017
|
3
|
.
|
Merekap Data E-Monitoring DAK (Dana Alukasi Khusus) Tahun 2016
|
4
|
.
|
Merekap Data E-Monitoring DAK (Dana Alukasi Khusus) Tahun 2015
|
5
|
.
|
Memperbanyak Surat Pamsimas
|
6
|
.
|
Memperbanyak Surat Kesediaan
|
7
|
.
|
Menerima Hibah Barang Milik Negara
|
8
|
.
|
Membuat Surat Amplop
|
9
|
.
|
Membuat Penilaian Teknis Konsultasi
|
10
|
.
|
Membuat Evaluasi Pengalaman Perusahaan
|
11
|
.
|
Membuat Pendekatan Dan Metodologi
|
12
|
.
|
Membuat Evaluasi Tenaga Ahli
|
13
|
.
|
Membuaat Table Penilaian
|
14
|
.
|
Mengetik Acara Penjelasan Pekerjaan (AANWIJZING)
|
15
|
.
|
Mengetik Rencana Kerja Dan Syarat (RKS)
|
16
|
.
|
Scan Dana Akulasi Khusus ( DAK)
|
17
|
.
|
Membuat Daftar Absen
|
18
|
.
|
Membuat Fakta Integritas
|
19
|
.
|
Membuat Laporan
|
20
|
.
|
Membuat Amplop Surat
|
21
|
.
|
Membuat Berita Acara Pengukuran Bersama ke-1
|
22
|
.
|
Mengetik Pelaksanaan SPAM
|
23
|
.
|
Mengisi Surat Masuk
|
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNGPINAN 19
24
|
.
|
Menjilid Hasil Yang Di Print
|
25
|
.
|
Membantu Memfotocopykan File Dari Keuangan
|
26
|
.
|
Memilah Dan Mengarsipkan Surat
|
27
|
.
|
Membuat Daftar Gaji Tahun 2010 Januari – Desember
|
28
|
.
|
Membuat Daftar Gaji Tahun 2011 Januari – Desember
|
29
|
.
|
Membuat Daftar Gaji Tahun 2012 Januari - Desember
|
30
|
.
|
Membuat Daftar Gaji Tahun 2009 Januari - Desember
|
31
|
.
|
Membuat Kerangka Acuan Kerja
|
32
|
.
|
Mengarsipkan Surat Masuk Kota Tanjung Pinang Dan Kota Batam
|
33
|
.
|
Mengetik Surat
|
34
|
.
|
Mengetik Sejarah Kantor
|
35
|
.
|
Melakukan Scanan Surat Dari Kabupaten Natuna
|
36
|
.
|
Melakukan Scanan Surat Dari Kabupaten Lingga
|
37
|
.
|
Melakukan Scanan Surat Dari Kabupaten Anambas
|
38
|
.
|
Melakukan Scanan Surat Dari Kota Batam
|
39
|
.
|
Melakukan Scanan Surat Dari Kabupaten Bintan
|
40
|
.
|
Melakukan Scanan Surat Dari Kabupaten Tanjung Pinag
|
41
|
.
|
Memfotocopykan Daftar Gaji Anggota SPAM Kepri
|
42
|
.
|
Memfotocopykan Daftar Gaji Anggota SPAM Kepri
|
43
|
.
|
Memfotocopykan Surat Penilaian Kelayakan
|
44
|
.
|
Membuat Absen OutBond
|
45
|
.
|
Membantu Melakukan Cap Untuk Surat Yang Di Kirim
|
46
|
.
|
Membantu Merapikan Arsip
|
47
|
.
|
Membuat Dan Memasang Cover Gobi Baru
|
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNGPINANG 20
Bab III
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri
3.1 TEMPAT DAN WAKTU PRAKERIN.
Dalam bab II ini akan diuraikan mengenai hasil-hasil dari pelaksanaan Praktik Kerja Siswa SMK Negeri 1 Tanjungpinang pada kantor SATUAN KERJA PENGEMBANGAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM
A
|
.
|
Waktu Pelaksanaan Prakerin
| ||
1
|
.
|
Lama Praktik
|
:
|
12 Minggu (3 Bulan)
|
2
|
.
|
Dimulai Tanggal
|
:
|
17 Juli 2017
|
3
|
.
|
Diakhiri Tanggal
|
:
|
14 Oktober 2015
|
Dalam melaksanakan Pendidikan Sistem Prakerin sesuai dengan yang telah di tentukan yaitu tanggal 17 Juli sampai dengan 14 Oktober 2017. Adapun jadwal kegiatan jam kerja adalah sebagai berikut :
Hari
|
Jam Masuk
|
Jam Istirahat
|
Jam Pulang
|
Senin
|
08.00 WIB
|
12.00 WIB
|
15.00 WIB
|
Selasa
|
08.00 WIB
|
12.00 WIB
|
15.00 WIB
|
Rabu
|
08.00 WIB
|
12.00 WIB
|
15.00 WIB
|
Kamis
|
08.00 WIB
|
12.00 WIB
|
15.00 WIB
|
Jumat
|
08.00 WIB
|
-
|
12.00 WIB
|
Sabtu
|
Sekolah
|
-
|
Sekolah
|
Minggu
|
Libur
|
Libur
|
Libur
|
Tempat Praktik
| ||||||
1
|
.
|
Nama Instansi
|
:
|
Satuan Kerja Pengembangan Air Minum Dan Sanitasi Kepulauan Riau
| ||
2
|
.
|
Alamat Lengkap
|
:
|
Jln. Ganet Gg.Akasia No.1 Kelurahan Pinang Kencana Kec. Tanjungpinang Timur.
| ||
3
|
.
|
Nama Pimpinan
|
:
|
Farid Dibyo Mayangkoro, ST
| ||
LAPORAN PRAKERIN
SMKN 1 TANJUNG PINANG 21
3.2 ANALISA PERMASALAHAN .
Masalah Yang Dihadapi
| ||||
1
|
.
|
Kurangnya Pekerjaan di masing-masing unit
| ||
2
|
.
|
Kurangnya Pengetahuan Tentang Cara Penggunaan Alat-Alat Kantor
| ||
3
|
.
|
Kurangnya Pengetahuan Tentang Microsoft Excel
| ||
Pemecahannya
| ||||
1
|
.
|
Berusaha untuk bisa mendapatkan dan pekerjaan dari masing-masing unit
| ||
2
|
.
|
Berusaha belajar dan mengetahui tata cara penggunaan alat-alat kantor
| ||
3
|
.
|
Meminta Pengarahan kepada Pegawai yang memberikan Tugas
| ||
4
|
.
|
Mencari kegiatan lain yang berhubungan dengan Kegiatan di bidang masing – masing seperti : Membaca Buku tentang Kearsipan
| ||
5
|
.
|
Banyak bertanya kepada setiap Pegawai di Bidang lain tentang kegiatan yang di laksanakan pada bidangnya tersebut, sehingga pengetahuan akan semua kegiatan di Bidang lain dapat kami ketahui secara keseluruhan
| ||
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNG PINANG 22
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1. MATERI KEGIATAN PRRAKERIN
1
|
.
|
Mengarispkan Surat Masuk
|
2
|
.
|
Merekap Data DAK (Data Alukasi Khusus)
|
3
|
.
|
Mengocpykan Surat Yang Ingin Dikirim
|
4
|
.
|
Membuat Surat
|
5
|
.
|
Melakukan Scanan DAK (Data Alukasi Khusus)
|
6
|
.
|
Membuat Daftar Absen
|
7
|
.
|
Membuat Daftar Gaji
|
8
|
.
|
Memfotocopykan Data-data SPAM
|
9
|
.
|
Membuat Amplop
|
10
|
.
|
Membuat Kerangka Acuan Kerja
|
11
|
.
|
Membuat Table Penilaian
|
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNGPINANG 23
4.2 PENYELESAIAN PERMASALAHAN PRAKERIN
Dalam hal ini , selama prakerin penyusunan tidak mendapat masalah- masalah serius yang di hadapai. Penyusun hanya dapat kesulitan dalam mendapatkan bukti belajar praktek kerja siswa, karena terdapat banyak berkas/dokumen yang bersifat rahasia . tetapi pembimbing selalu memberikan arahan terlebih dahulu untuk mendapatkan bukti belajar tersebut. Pembimbing juga selalu memberikan arahan terlebih dahulu untuk sebelum melakukan penyusunan melakukan tugas-tugas yang di berikan . sehingga dapat melaksanakan tugas tersebut dengan baik dan tidak ada masalah. Dan apabila terdapat sedikit masalah lain atau yang tidak dimengerti , penyusun segera menghubungi pembimbing atau karyawan yang bersangkutan untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut dan juga berkonsultasi kepada pembimbing dari sekolah jika mengalami kesulitan yang lain.
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNG PINANG 24
BAB V
PENUTUP.
Laporan ini disusun berdasarkan kegiatan praktek kerja industry (prakerin) yang dilakukan Kantor Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Provinsi Kepulauan Riau selama 3 (tiga) bulan, yaitu mulai dari 17 Juli 2017 sampai 14 Oktober 2017
5.1. KESIMPULAN.
Dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama prakerin dapat di ambil kesimpulan antara lain :
a
|
.
|
Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan salah satu kegiatan pendidikan sekolah menengah kejuruan, agar siswa/siswi tersebut siap terjun ke dunia usaha ataupun dunia industry (DU/DI) apabila siswa/siswi tersebut telah selesai melaksanakan pendidikan di sekolah menengah kejuruan .
|
b
|
.
|
Dengan adanya kegiatan prakerin, siswa/siswi secara langsung dapat mempraktekkan segala sesuatu yang telah dipelajari di sekolah. Baik itu berupa pelajaran yang di sampaikan dan diterima secara teori maupun kegiatan praktek yang dilakukan di sekolah.
|
c
|
.
|
Kegiatan prakerin, juga menambah pengetahuan yang dapat bermanfaat bagi para siswa yang akan bekerja di lingkungan pemerintah, maupunn di dunia usaha dan dunia industry.
|
d
|
.
|
Kegiatan bagaimana cara bersosialisasi dengan kalangan yang lebih muda sampai kalangan yang lebih dewasa dari kepribadian kita selama ini.
|
e
|
.
|
Kegiatan prakerin dapat melatih kepribadian seorang siswa/siswi yang masih belia menjadi dewasa dalam menjalani pergaulan di lingkungan kerja baik terhadap antar sesama bawahan, juga bagaimana bersosialisasi kepada sesama umum, bersosialisasi kepada yang lebih dewasa serta bagaimana kepada yang lebih muda
|
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNG PINANG 25
5.2. SARAN
Saya sebagai penulis, ingin memberikan saran serta masukan kepada segenap pegawai saker PSPAM Prov. Kepri maupun siswa/siswi yang akan melaksanakan Prakerin selanjutnya.
Saran yang dapat saya berikan yaitu :
1
|
.
|
Selalu Tepat Waktu saat hadir maupun saat selesai jam kerja.
|
2
|
.
|
Menanamkan sifat disiplin dan tepat waktu dalam melakukan tugas/kegiatan.
|
3
|
.
|
Siswa harus dapat membina kerukunan serta kerjasama baik sesame siswa mapun para staf lainnya.
|
Tidak banyak yang dapat saya sampaikan kepada Pihak Kantor Satker PSPAM Provinsi Kepulauan Riau, selain dari apa yang telah saya sampaikan , semoga semua saran dan masukan yang saya berikan dapat berguna bagi pegawai/staf Kantor Satker PSPAM Provinsi Kepulauan Riau dan mohon maaf apabila jika ada kata-kata yang kurang .
TERIMA KASIH
LAPORAN PRAKERIN
SMK NEGERI 1 TANJUNG PINANG 26
Harrah's Reno Casino - Hotels - JTM Hub
BalasHapusJumbo suites, 안산 출장샵 multiple hotel towers and 20 distinctive restaurants are at Harrah's 경주 출장안마 Reno Casino in 원주 출장마사지 Henderson, Nevada. Guests can enjoy the poolside 구미 출장마사지 pool, 상주 출장안마